ANALISIS KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL PADA CV. SRIDADI PURWOREJO TAHUN PAJAK 2013

  • Ngesti Wahyu S
  • Caecilia Rosma Widiyohening

Abstract


  1. SRIDADI adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi pupuk. Sebagai PKP, maka CV. SRIDADI wajib melaksanakan pembukuan, termasuk menyampaikan PPN dalam setiap transaksi perdagangannya dan membuat laporan keuangan tahunan yang akandilampirkan dalamSPT PPh Badan.


Dalam laporan keuangan menurut SAK dan akuntansi perpajakan tentu mengakibatkan perbedaan laba menurut akuntansi komersial dan menurut ketentuan perpajakan. Penyebab perbedaan kedua laporan keuangan tersebut sehingga untuk menentukan penghasilan kena pajak perlu dilakukan rekonsiliasi.


Analisis koreksi fiskal atas laporan keuangan komersial memberikan gambaran perbeda an antara akuntansi komersial dan akuntansi perpajakan dengan dilakukan rekonsiliasi d an menghasilkan laporan keuangan fiskal. Terdapat koreksi positif pada rekening BBM solar, listrik, telepon, sumbangan HUT RI, dan rekreasi.


 


Kata Kunci: Laporan Keuangan Komersial, Koreksi Fiskal

Published
Mar 16, 2017
How to Cite
S, Ngesti Wahyu; WIDIYOHENING, Caecilia Rosma. ANALISIS KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL PADA CV. SRIDADI PURWOREJO TAHUN PAJAK 2013. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 70-77, mar. 2017. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jia/article/view/49>. Date accessed: 12 apr. 2021.