ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN TERHADAP KESADARANMEMBAYAR PAJAK DI KPP PRATAMA PURWOREJO

  • Tri Wulansari
  • B. Soehakso Notohatmodjo

Abstract

Pajak merupakan sumber terbesar dalam APBN. Dari tahun ke tahun penerimaan pajak terhadap APBN selalu meningkat dan menjadi yang terbesar dibanding dari sektor-sektor lain. Jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin bertambah. Namun bertambahnya jumlah tersebut tidak diimbangi dengan meningkatnya   kesadaran   membayar   pajak   dalam   setiap   tahunnya.   Masalah kesadaran tersebut menjadi kendala dalam pemaksimalan penerimaan pajak. Penelitian ini mengkaji tingkat kesadaran wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Purworejo dengan menggunakan variable bebas pemahaman peraturan perpajakan dan kepatuhan wajib pajak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis  pengaruh  pemahaman  peraturan  perpajakan  dan  kepatuhan  wajib pajak badan terhadap kesadaran membayar pajak yang terdaftar di KPP Pratama Purworejo.


Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Purworejo. Tidak semua wajib pajak ini menjadi objek dalam penelitian ini karena jumlahnya yang sangat besar dan guna efisiensi waktu dan biaya.  Oleh  sebab  itu  dilakukan  pengambilan  sampel  yang  dilakukan  dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 wajib pajak badan di KPP Pratama Purworejo. Metode pengumpulan data primer adalah menggunakan metode angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda.


Hasil penelitian yang diperoleh, dinyatakan dengan nilai F hitung 77.488, dengan nilai signifikan 0,000. Pemahaman peraturan perpajakan berpengaruh positif sebesar 0,345 terhadap kesadaran membayar pajak, dan kepatuhan wajib pajak berpengaruh positif sebesar 0,450 terhadap kesadaran membayar pajak. Untuk R square sebesar 0,615  yang berarti  bahwa 61,5%  variabel  pemahaman  peraturan perpajakan  dan  kepatuhan  wajib  pajak  sedangkan  sisanya  38,5%  dipengaruhi variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.


 


Kata Kunci :Kesadaran membayar pajak, pemahaman peraturan perpajakan dan kepatuhan wajib pajak badan.

Published
Mar 21, 2017
How to Cite
WULANSARI, Tri; NOTOHATMODJO, B. Soehakso. ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN TERHADAP KESADARANMEMBAYAR PAJAK DI KPP PRATAMA PURWOREJO. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 34-47, mar. 2017. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jia/article/view/63>. Date accessed: 06 june 2020.