Pengaruh Pemahaman, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi di Wilayah Kerja KPP Pratama Tigaraksa

  • B. Soehakso Notohatmodjo

Abstract

Penelitian ini dimaksud untuk melihat tingkat pemahaman, kesadaran perpajakan, pelayanan fiskus dan sanksi pajak terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Tigaraksa.


 


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel-variabel penelitian secara sistematis, faktual dan akurat mengenai persepsi wajib pajak orang pribadi tentang pemahaman, kesadaran, pelayanan fiskus dan sanksi pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak.


 


Kesimpulan  dari  analisis  data  berdasarkan  hasil  kuesioner  yang dikumpulkan dan diolah yang pertama adalah pemahaman wajib pajak tentang peraturan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Hal ini menunjukkan bahwa makin tinggi pemahaman wajib pajak tentang peraturan pajak maka kepatuhan wajib pajak orang pribadi akan semakin meningkat. Kemudian hasil yang kedua adalah kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Hal ini menunjukkan bahwa makin tinggi kesadaran wajib pajak, maka kepatuhan wajib pajak orang pribadi akan semakin meningkat. Hasil olah kuesioner berikutnya dan hasil yang ketiga adalah pelayanan fiskus pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Hal ini menunjukkan bahwa makin tinggi pelayanan fiskus, maka kepatuhan wajib pajak orang pribadi akan semakin meningkat. Kemudian hasil yang keempat adalah sanksi Pajak pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Hal ini menunjukkan bahwa makin tinggi sanksi pajak, maka kepatuhan wajib pajak orang pribadi akan semakin meningkat.


 


Maka  secara  garis  besar  kesimpulan  adalah  Kemampuan  persamaan regresi  ini  untuk  menjelaskan   besarnya  Variabel  Pemahaman  Wajib  Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak memberikan kontribusi sebesar  61,4%  terhadap  Kepatuhan  Wajib  Pajak,  sementara  38,6%  Kepatuhan Wajib Pajak dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terangkum dalam penelitian.


 


Kata Kunci : Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak

Published
Mar 21, 2017
How to Cite
NOTOHATMODJO, B. Soehakso. Pengaruh Pemahaman, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi di Wilayah Kerja KPP Pratama Tigaraksa. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 48-78, mar. 2017. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jia/article/view/64>. Date accessed: 06 june 2020.