Analisis Intention to Length of Stay Wisatawan dengan Menggunakan Theory of Reason Action yang di modifikasi (Studi pada Wisatawan di Objek Wisata Kebumen)

  • Dewi Noor Susanti
  • Marynta Putri Pratama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh destination image, atribut produk wisata terhadap intention to length of stay wisatawan pada obyek wisata pantai di Kebumen dengan menggunakan theory of reason action. Penelitian ini melibatkan 100 pengunjung atau wisatawan sebagai responden yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data yang sudah dikumpulkan di olah dengan bantuan alat statistik spss versi 24.0 dan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan pada substruktural satu peran destination image memiliki pengaruh yang kuat terhadap sikap wisatawan pada obyek wisata pantai di Kebumen, sedangkan subjective norm dan atribut produk wisata hasilnya tidak signifikan. Pada substruktural kedua, semua hipotesis dinyatakan diterima. Hal ini berarti niat wisatawan untuk tinggal lebih lama pada obyek wisata pantai di Kebumen terbukti di pengaruhi oleh variabel destination image, atribut produk wisata, norma subyektif dan sikap wisatawan dengan norma subyektif yang memberikan pengaruh terbesar.

Published
Mar 6, 2020
How to Cite
SUSANTI, Dewi Noor; PRATAMA, Marynta Putri. Analisis Intention to Length of Stay Wisatawan dengan Menggunakan Theory of Reason Action yang di modifikasi (Studi pada Wisatawan di Objek Wisata Kebumen). JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-13, mar. 2020. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/125>. Date accessed: 06 june 2020. doi: http://dx.doi.org/10.37601/jneti.v8i1.125.