Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Berwirausaha

  • Nanang Agus Suyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa yang dimediasi oleh sikap. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan  faktor keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa yang dimediasi oleh norma subyektif. Untuk mengetahui pengaruh kontrol perilaku terhadap minat berwirausaha mahasiswa.


Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Unsiq Jawa Tengah di Wonosobo yang sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan dan studi kelayakan bisnis sebanyak 51 mahasiswa. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 17.0 dengan alat analisis sobel test (Path Analysis).


Hasil penelitian menunjukkan pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan sikap sebagai variabel intervening (H1 diterima).  Kepribadian berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan sikap sebagai variabel intervening (H2 diterima). Faktor keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha diterima dengan norma subyektif sebagai variabel intervening (H3 diterima).  Lingkungan berpengaruh terhadap minat berwirausaha diterima dengan norma subyektif sebagai variabel intervening (H4 diterima).  Kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha (H5 diterima).

Published
Feb 28, 2019
How to Cite
SUYONO, Nanang Agus. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Berwirausaha. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. p10-21, feb. 2019. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/103>. Date accessed: 12 apr. 2021.