Tata Kelola Infrastruktur Teknologi Informasi Prodi Teknik Informatika

  • Rony Heri Irawan

Abstract

Layanan dan dukungan pada tata kelola teknologi informasi memungkinkan organisasi untuk memperoleh keuntungan penuh dari suatu informasinya dengan memaksimalkan keuntungan dari peluang dan keuntungan kompetitif yang dimiliki. Oleh karena itu tata kelola teknologi informasi ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan (maturity) atas proses layanan dan dukungan teknologi informasi pada lingkungan prodi teknik informatika.


Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara langsung. Setelah dilakukan penelitian menggunakan metodologi kerangka kerja cobit yang dikembangkan oleh IT Governance Institute (ITGI) didapatkan hasil pada domain AI3 dan PO7.


Tingkat kematangan atau maturity level untuk domain PO7 tentang pemenuhan sumber daya teknologi informasi yang ada di prodi teknik informatika yaitu berada pada level 3 (defined), untuk domain AI3 tentang mendapatkan dan memelihara infrastruktur teknologi informasi yang ada di prodi teknik informatika yaitu berada pada level 2 (Repeatable but Intuitive).

Published
Feb 28, 2019
How to Cite
IRAWAN, Rony Heri. Tata Kelola Infrastruktur Teknologi Informasi Prodi Teknik Informatika. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. p37-44, feb. 2019. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/105>. Date accessed: 12 apr. 2021.