PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL DENGAN ACCOUNTING INFORMATIVENESS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Ika Neni Kristanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap cost of equity capital dengan accounting informativeness dan good corporate governance sebagai variabel pemoderasi. Dalam penelitian ini corporate social responsibility diukur dengan menggunakan indeks GRI-G4, cost of equity capital diproksikan dengan capital aset pricing model (CAPM), accounting informativeness diproksikan dengan book value of equity dan good corporate governance diproksikan dengan Corporate Governance Perception Index  (CGPI). Populasi yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh the indonesian institute for corporate governance (IICG). Teknik sampling yang digunakan menggunakan purposive sampling dan diperoleh 9 perusahaan. Teknik analisis menggunakan moderated regresion analysis (MRA) dengan SPSS versi 22. Tingkat signifikansi yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah 5%. Penelitian ini juga menggunakan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini pada hipotesis pertama membuktikan bahwa variabel corporate social responsibility disclosure  tidak berpengaruh terhadap cost of equity capital. Dengan demikian, H1 ditolak, pengujian hipotesis kedua membuktikan bahwa accounting informativeness bukan sebagai variabel moderasi, dengan demikian H2 ditolak. Pengujian hipotesis ketiga membuktikan bahwa good corporate governance bukan merupakan variabel moderasi atau H3 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian nilai R2 hanya 0,2%.

Published
Mar 6, 2020
How to Cite
KRISTANTI, Ika Neni. PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL DENGAN ACCOUNTING INFORMATIVENESS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 35-49, mar. 2020. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/128>. Date accessed: 06 june 2020. doi: http://dx.doi.org/10.37601/jneti.v8i1.128.