EVALUASI KINERJA KEUANGAN DALAM TRANSISI PERUBAHAN BASIS AKUNTANSI DAN PERBEDAAN KUALITAS OPINI BPK

  • Akhmad Syarifudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kinerja keuangan pada pemerintah daerah kabupaten kebumen pada tahun 2013-2018. Metode penelitian ini deskriptif kuantitatifuntuk mengukur kinerja keuangan dengan  rasio. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif  berupa Laporan Realisasi Anggaran. Hasil penelitian menunjukan, tingkat kemandirian daerah masih sangat rendah atau  instruktif. Pengelolaan keuangan daerah  dalam  tergolong sangat efektif dan  efisien. Penggunaan dana belum berimbang karena sebagian besar dana digunakan untuk belanja operasi daripada belanja modal. Tingkat Pertumbuhan pendapatan, PAD, belanja operasi, dan belanja modal rata-rata mengalami pertumbuhan yang positif namun masih fluktuatif. Sedangkan rasio derajat desentralisasifiskal pemerintah daerah masih tergolong kurang.


Paska perubahan basis akuntansi pemerintahan sejak tahun 2015 terdapat peningkatan yang signifikan pada realisasi PAD. Perkembangan rasio belanja operasional setelah penerapan akuntansi berbasis acrual secara umum menurun dengan rata-rata lebih rendah 63,93% jika dibandingkan pada saat menggunakan basis akuntansi cash toward actual dengan rata-rata lebih tinggi yaitu 67,04%. Hal tersebut dapat dilihat dari rasio kemandirian sebelum perubahan basis akuntansi rata-rata 15,39% dan meningkat menjadi 20,28% setelah perubahan basis akuntansi pemerintahan dan rasio derajat desentralisasi sebelum perubahan basis akuntansi rata-rata sebesar 14,23% dan meningkat menjadi 12,79% setelah perubahan basis akuntansi pemerintahan

Published
Jun 14, 2019
How to Cite
SYARIFUDIN, Akhmad. EVALUASI KINERJA KEUANGAN DALAM TRANSISI PERUBAHAN BASIS AKUNTANSI DAN PERBEDAAN KUALITAS OPINI BPK. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 7, n. 2, p. p46-62, june 2019. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/134>. Date accessed: 12 apr. 2021.