ANALISIS USER EXPERIENCE (UX) FITUR MARKETPLACE FACEBOOK

  • Dona Evi Fitriana Politeknik Sawunggalih Aji
  • Agus Fitri Yanto

Abstract

Tingginya kecenderungan penggunakan internet pada masyarakat Indonesia bahkan dunia, menunjukkan bahwa aktivitas online sangat diminati karena memiliki berbagai manfaat serta kemudahan bagi para pengguna (user). Dari sekian banyak media sosial yang ada, Facebook tetap menjadi media sosial nomor satu yang paling banyak diminati. Semakin berkembangnya facebook¸ pada 14 Mei 2007 Mark Zuckerburg meluncurkan fitur marketplace facebook. Namun sejauh ini belum terlihat bagaimana pengalaman pengguna terkait fitur marketplace facebook.


Untuk mengetahui user experience/UX fitur marketplace facebook, peneliti melakukan analisis dengan menyebarkan pernyataan dalam kuisioner online kepada 100 responden di wilayah Kabupaten Purworejo. Tolak ukur pernyataan yang dibagikan menggunakan 4 variabel berdasarkan teori Frank Guo, yaitu bernilai (valueable), kesukaan (desirability), kemudahan untuk mengakses (adoptability), dan kegunaan (usability). Hasil kuisioner diolah dengan program SPSS v.21 untuk mengukur nilai dari masing-masing variabel yang kemudian dianalisis satu per satu oleh peneliti. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini untuk mengetahui pengalaman pengguna (user experience) marketplace Facebook.


                Hasil penelitian yang dilakukan dapat dijadikan referensi pengembangan selanjutnya agar lebih baik dan menjadi tolak ukur pengalaman pengguna media jual beli online serupa

Published
Sep 22, 2020
How to Cite
FITRIANA, Dona Evi; YANTO, Agus Fitri. ANALISIS USER EXPERIENCE (UX) FITUR MARKETPLACE FACEBOOK. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 8, n. 2, p. p47-66, sep. 2020. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/151>. Date accessed: 12 apr. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.37601/jneti.v8i2.151.