PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBINAAN PENGRAJIN GULA KELAPA DI KABUPATEN PURWOREJO

  • Agus Dwi Atmoko Politeknik Sawunggalih Aji

Abstract

Gula kelapa sangat menunjang perekonomian masyarakat di pedesaan dan memiliki pasaran cerah baik di dalam atau di luar negeri, maka diperlukan suatu kondisi yang dapat menimbulkan rangsangan untuk memproduksinya. Tujuan dari pengrajin gula kelapa adalah untuk meningkatkan nilai tambah yang diperoleh dari pohon kelapa yang dimiliki. Salah satu alat yang dapat mendukung peningkatan produksi tersebut yaitu lembaga pemasaran. Peningkatan produksi tanpa adanya lembaga pemasaran yang dapat menunjang produksi dengan harga yang layak dapat mengurangi keinginan pengrajin gula kelapa untuk berproduksi. Faktor pendorong pengrajin yang efektif dalam meningkatkan produksi antara lain adalah tingkat harga yang menguntungkan dan stabilitas harga di pasaran.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran produksi gula kelapa, menganalisis tingkat fluktuasi harga, efisiensi pemasaran gula kelapa melalui marjin pemasaran dan menganalisis jenis pasar. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Purworejo, penentuan lokasi dilakukan di tempat Produksi, Pengepul, Penjual, Pemasok, Pemasar, dan Pemerintah. Dengan asumsi bahwa tempat tersebut merupakan daerah yang mempunyai potensi yang cukup besar dalam usaha produksi gula kelapa dan rata-rata penduduknya bermata pencaharian sebagai pengrajin gula kelapa.


Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa:



  1. Pengrajin gula kelapa banyak keragaman sehingga menghasilkan gula kelapa yang berbeda jenis, ukuran, bentuk dan rasa gula kelapa.

  2. Pengepul, Penjual, Pemasok danĀ  Pemasar sangat tergantung pada pihak ketiga yaitu pembeli gula kelapa dari daerah lain sesuai dengan jenis, ukuran bentuk dan rasa gula kelapa

  3. Pemerintah dan Pihak yang berkepentingan


Kurangnya perhatian dari pemerintah daerah dalam pengembangan gula kelapa


Keyword: Gula Kelapa, Strategi, Pemasaran, Pemerintah

Published
Feb 16, 2017
How to Cite
ATMOKO, Agus Dwi. PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBINAAN PENGRAJIN GULA KELAPA DI KABUPATEN PURWOREJO. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 47-58, feb. 2017. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/16>. Date accessed: 12 apr. 2021.