ANALISIS FLUKTUASI NILAI TINGKAT SUKU BUNGA DALAM NEGERI, SUKU BUNGA LUAR NEGERI, PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERKEMBANGAN PENANAMAN MODAL ASING SEKTOR PERINDUSTRIAN DI JAWA TENGAH 2013

  • WACHJUNI WACHJUNI
  • RATNA KUSUMAWATI
  • NANANG YUSRONI

Abstract

Pemerintah Jawa Tengah membutuhkan modal karena adanya kelangkaan, salah satunya melalui penanaman modal asing sektor perindustrian. Namun penanaman modal asing di Jawa Tengah mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun yaitu naik-turunnya nilai-nilai Penanaman modal asing selama tiga kwartal terakhir. Fluktuasi tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu tingkat suku bunga dalam negeri, tingkat suku bunga luar negeri, dan pengeluaran pemerintah.


Tingkat suku bunga dalam negeri memegang peranan penting dalam menciptakan modal asing karena investor hanya akan menanamkan modalnya apabila memberi keuntungan baginya terutama bagi investor asing yang tidak menanamkan modal sendiri sepenuhnya namun meminjam dari bank.Tingkat suku bunga luar negeri juga memberi peranan penting, apabila tingkat suku bunga luar negeri yaitu Libor (london inter bank offer rate)  meningkat akan memberi dampak positif terhadap penanaman modal asing. Penelitian ini menguji    suku bunga dalam negeri pada tingkat pinjaman  dengan  uji statistik .Dengan adanya analisis tersebut maka dapat di harapkan dijadikan acuan oleh Pemerintah Jawa Tengah  untuk menarik investor asing.


Kata kunci : modal asing, industri, suku bunga dalam negeri, suku bunga luar negeri

Published
Feb 21, 2017
How to Cite
WACHJUNI, WACHJUNI; KUSUMAWATI, RATNA; YUSRONI, NANANG. ANALISIS FLUKTUASI NILAI TINGKAT SUKU BUNGA DALAM NEGERI, SUKU BUNGA LUAR NEGERI, PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERKEMBANGAN PENANAMAN MODAL ASING SEKTOR PERINDUSTRIAN DI JAWA TENGAH 2013. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-17, feb. 2017. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/19>. Date accessed: 12 apr. 2021.