ANALISIS DAN PERBANDINGAN TINGKAT PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA ANAK DI DESA TERTINGGAL DENGAN PERKOTAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DESA TERTINGGAL

  • Ihsan Cahyo Utomo
  • Siti Rokhmah
  • Dwi Anto Punguh Widodo

Abstract

Sebagai Negara berkembang, Indonesia merupakan Negara yang mempunyai perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. Namun, Tingkat pemahaman pada anak didesa tertinggal terhadap teknologi informasi yang masih rendah sangat berbeda dengan tingkat pemahaman didaerah perkotaan, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi didaerah-daerah terpencil, yang mengakibatkan terhambatnya kemajuan teknologi informasi didaerah terpencil, penelitian ini bertujuan sebagai langkah awal dalam menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan tingkat pemahaman tersebut, sehingga dihasilkan fakta- fakta serta data penunjang yang dapat dijadikan sebagai acuan dasar dalam mengembangkan teknologi informasi didaerah terpencil.  Untuk mencapai tujuan tersebut tindakan yang dilakukan adalah (1) Melakukan observasi tingkat pemahaman anak melalui pengenalan dan penagajaran pengoperasian alat teknologi informasi (2) Mengadakan pengisian kuisoner yang berisi pertanyaan yang dapat dijadikan tolak ukur terhadap pemahaman teknologi informasi (3) mengadakan analisa terhadap faktor yang menjadikan perbedaan tingkat pemahaman teknologi informasi (4) membuat pengelolaan data yang bisa menghasilkan table-tabel dan grafik sebagai data riil yang digunakan sebagai acuan dalam pembuatan konsep dasar pengembangan teknologi informasi didaerah tertinggal.


 


Kata kunci : perbandingan, teknologi, informasi, pemahaman, desa, kota

Published
Mar 1, 2017
How to Cite
UTOMO, Ihsan Cahyo; ROKHMAH, Siti; PUNGUH WIDODO, Dwi Anto. ANALISIS DAN PERBANDINGAN TINGKAT PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA ANAK DI DESA TERTINGGAL DENGAN PERKOTAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DESA TERTINGGAL. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 47-54, mar. 2017. ISSN 2579-3322. Available at: <http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/24>. Date accessed: 12 apr. 2021.