ANALISIS USER EXPERIENCE (UX) FITUR MARKETPLACE FACEBOOK

  • Politeknik Sawunggalih Aji
Keywords: Media Sosial, Fitur Marketplace Facebook, User Experience

Abstract

Tingginya kecenderungan penggunakan internet pada masyarakat Indonesia bahkan dunia, menunjukkan bahwa aktivitas online sangat diminati karena memiliki berbagai manfaat serta kemudahan bagi para pengguna (user). Dari sekian banyak media sosial yang ada, Facebook tetap menjadi media sosial nomor satu yang paling banyak diminati. Semakin berkembangnya facebook¸ pada 14 Mei 2007 Mark Zuckerburg meluncurkan fitur marketplace facebook. Namun sejauh ini belum terlihat bagaimana pengalaman pengguna terkait fitur marketplace facebook.

Untuk mengetahui user experience/UX fitur marketplace facebook, peneliti melakukan analisis dengan menyebarkan pernyataan dalam kuisioner online kepada 100 responden di wilayah Kabupaten Purworejo. Tolak ukur pernyataan yang dibagikan menggunakan 4 variabel berdasarkan teori Frank Guo, yaitu bernilai (valueable), kesukaan (desirability), kemudahan untuk mengakses (adoptability), dan kegunaan (usability). Hasil kuisioner diolah dengan program SPSS v.21 untuk mengukur nilai dari masing-masing variabel yang kemudian dianalisis satu per satu oleh peneliti. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini untuk mengetahui pengalaman pengguna (user experience) marketplace Facebook.

                Hasil penelitian yang dilakukan dapat dijadikan referensi pengembangan selanjutnya agar lebih baik dan menjadi tolak ukur pengalaman pengguna media jual beli online serupa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Rineka Cipta:Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Rineka Cipta:Jakarta.

Dharmmesta, Basu Swastha. (2014). Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat. EKMA4216/MODUL 1.

Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality and Satisfaction. (ed 3). Andi: Yogyakarta

Ginting, Nembah F. Hartimbul. (2011). Manajemen Pemasaran. CV Yrama: Bandung.

Greiner, Andrew et al. Facebook At 15: How A College Experiment Changed The World. https://edition.cnn.com, 1 Februari 2019. Diakses 3 Juni 2019

Hanafi, Muhammad. (2016, Oktober). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau. JOM FISIP Vol. 3 No. 2, 1-12

Hutabarat, Mardalena. (2014). Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Jejaring Sosial Path Di Kota Bandung Pada Tahun 2014. Hal 1 – 18.

Jamaludin, Fauzan. Media sosial merajai pengguna internet di dunia. https://www.merdeka.com, 5 Maret 2018.

Janti, Suhar. (2014, November). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skal Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Yogyakarta, A 155 – A 160.

Kembuan P.C., Mananeke L., Soegoto A.S. (2014, September). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada Pt. Adira DinamikaMultifinance Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA 853 Vol.2 No.3, Hal. 853-863

Kotler, Philip & K.L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. (13thed). Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip & K.L. Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. (13thed). Erlangga: Jakarta.

Kusumasitta. (2014). Relevansi Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Bagi Pengunjung Museum Di Taman Mini Indonesia Indah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Volume 7, No.1

Lupiyoadi. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. (2thed). Salemba Empat: Jakarta.

Makmur & Saprijal. (2015, Januari). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 3 No.1. Hal. 41-56
Malau, Harman. (2016). Manajemen Pemasaran – Teori dan Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta: Bandung.

Munthe, Rio Donaroe et al. (2018, Juli). Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Vol. 2, No. 7, 2679-2688

Nations, Daniel. (2019). What Is Facebook. https://www.lifewire.com. 29 Maret 2019. Diakses 3 Juni 2019

Nitisusastro, Mulyadi. (2009). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Alfa Beta: Bandung

Nitisusastro, Mulyadi. (2009). Strategi Pemasaran Asuransi. PT ALFABETA: Bandung

Nofri, Okta dan Hafifah, Andi. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol.5, No. 1, (Januari-Juni), 113-132

Nugraha, Ovan S. A. (2018, Februari). Analisis User Experience Pada Situs E-Commerce C2C Menggunakan Heart Dan Pulse Framework. 1 – 61.

Pangestu, Jessica A. A. (2016). Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Nutrend. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 4 No. 2. Hal 201-208

Peter, J.P dan Olson J.C. (2011). Penerapan Strategi Pemasaran. Salemba Empat: Jakarta.

Priyatno, Dwi. (2010). Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Gava Media: Yogyakarta.

Selang, Christian AD.(2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal EMBA. Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71-80

Siregar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Prenada Media Group: Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfa Beta: Bandung.

Suharno dan Yudi Sutarso. (2010). Marketing in Practice. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. PT Refika Aditama: Bandung.
Sunyoto, Danang. (2015). Strategi Pemasaran. CAPS: Yogyakarta.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia: Bogor.

Supriyadi, Edy. (2014). SPSS+AMOS. In Media. Bogor

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality & Satisfaction. CV. Andi Offset: Yogyakarta.

Yanto, Agus Fitri & Bachtiar, Danis Imam. (2017, Februari). Persepsi Masyarakat Terhadap Dawet Ireng Sebagai Kuliner Khas Purworejo. Sustainable Competitive Advantage-7 (Sca-7) Unsoed. Hal 196 – 210.

Yanto, Agus Fitri. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Jasa Kereta Api Di Kabupaten Purworejo. Hal 71-83
Published
2020-09-22