Pengembangan dan Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Matematika dengan PowToon di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19, di dunia pendidikan banyak mengalami penyesuaian dalam memberikan pembelajaran kepada para peserta didik. Kegiatan pembelajaran yang semula dilaksanakan tatap muka karena masa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh. Materi pelajaran harus tetap diberikan kepada peserta didik dengan berbagai cara, yang tentunya pasti memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Media pembelajaran animasi PowToon akan diujicobakan pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP Nurul Mutaqin Kemiri, khususnya materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan tahapan 4-D (define, design, development, and disseminate). Dilakukan pemberian kuesioner kepada subjek yang terdiri dari 3 guru dan 24 peserta didik untuk mendapatkan evaluasi penilaian terhadap produk yang akan dikembangkan. Kuesioner diberikan melalui media Google Formulir. Dari penyebaran kuesioner tersebut, mendapatkan skor rata-rata 76% dan dari hasil validasi pakar atau ahli materi dan ahli media didapatkan nilai skor 3,2. Pembuatan multimedia pembelajaran dengan PowToon akan dikembangkan di SMP Nurul Mutaqin Kemiri sebagai media belajar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) peserta didik baik dimasa Covid-19 maupun dapat di pelajari di dalam kelas bersama dengan guru.
Downloads
References
I. W. Widana et al., “International Journal of Social Sciences and Humanities Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson,†Int. J. Soc. Sci. Humanit., 2018.
Sundayana, Rostina, Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, 2013.
I. W. Widana et al., “International Journal of Social Sciences and Humanities Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson,†Int. J. Soc. Sci. Humanit., 2018.
Utami, B. (2016). Critical thinking skills profilr of high school students in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series. Vol. 1 No. 2 (2017) 124-130.
Fuad, N. (2017). Improving Junior High Schoold Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction. 10 (1). Research in Innovative Teaching. Volume 9, Issue 1.
Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika