PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT

(Studi Pada Konsumen Fashion Online di Instagram)

Keywords: hedonic shopping motivation, shopping lifestyle, fashion involvement, impulse buying

Abstract

Perkembangan ritel semakin meningkat dan menyebabkan terjadinya perubahan perilaku konsumen dalam kegiatan pembelanjaan terurama secara online. Konsumen sekarang ini tidak hanya berbelanja karena kebutuhan melainkan berbelanja karena emosional. Penelitian ini secara khusus membahas mengenai konsumen yang berbelanja fashion secara online pada aplikasi instagram di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying melalui Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement sebagai mediator.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan alat bantu kuesioner, teeknik pengambilan sampel dengan non probability dengan jumlah sampel sebanyak 100. Data dianalisis melalui uji validitas, uji realibilitas, koefisien determinasi, uji t, uji normalitas, uji multikolineritas, uji hetereokedastisitas, uji hipotesis, uji sobel dan analisis jalur. Analisis data dilakukan secara kuantitatif  menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hedonic shopping motivationberpengaruh signifikan terhadap shopping lifestyle, fashion involvementdan impulse buying. Variabel shopping lifestyle dan fashion involvement berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying. Serta shopping lifestyle dan fashion involvement berpengaruh sebagai mediator antara hedonic shopping motivation dan impulse buying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cobb. J.C. & Hoyer W.D., 1986, Planned versus impulse purchase behaviour. Journal of Retalling, 62(4), pp. 384-409
Japarianto, E., dan Sugiharto S., 2011, Pengaruh Shopping Life Style dan fashion involvement terhadap Impulse Buying Masyarakat High Income Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No. 1, April: pp 32-41.
Kim, H. 2005 “Konsumer Profiles Of Apparel Product Involvement and Values” Journal Of Marketing.
Kim, Jiyeon, 2003, College Students’ Apparel Impulse Behaviors In Relation To Visual Merchandising, A Thesis Submitted to the Graduate Faculty of The University of Georgia in Partial.
Levy, M., & Weitz, A. B. (2009). Retailing Manajemen.7Ed. New York: Mc Graw Hill.
Lumintang, F.F. 2013. Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Impulse Buying Melalui Browsing dan Shopping Lifestyle Pada Online Shop. Jurnal Wima. Vol.1 (6).
Prastia, Fita Eka. 2013. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, pp. 1-6.
Rook, D.W. Dan Fisher, Robert J. 1995, Normative Influence on Impulse Buying Behavior, Journal of Consumer Research 22(3): 305-13.
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Sekarsari, Larasati Ayu. 2013. Pengaruh Servicecapes Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Konsumen Wanita Di Giant Hypermarket Mall Olympic Garden (MOG) malang. Jurnal Ekonomi
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Susanti, D. N., & Riptiono, S. (2019). Pengaruh Customer Experience , Utilitarian Benefit dan Hedonic Benefit Terhadap Intention to Recommended Melalui Customer Satisfaction. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 194–203.
Utami, C. W., 2010 Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Jagakarsa, Jakarta: Salemba Empat.
Tirmizi, MA. Dkk. 2009. An empirical study of consumer impulse buying behavior in local markets. European Journal of Scientific Research, Vol. 28 No.4, pp.522-532.
Published
2021-08-20