PENGELOLAAN DATA REKRUTMEN KARYAWAN PADA PT ANUGRAH KARYA TRISAKTI BERBASIS MICROSOFT ACCESS

  • Retno Sundari Politeknik Sawunggalih Aji
  • Sulistiowati Sulistiowati

Abstract

Pengelolaan data rekrutmen karyawan pada PT Anugrah Karya Trisakti masih menggunakan metode manual dan komputer dengan aplikasi Microsoft Excel. Data yang dikelola berupa data pribadi data pelamar, data hasil seleksi, dan data karayawan  baru yang sudah lulus  seleksi. Dalam pengelolaan data menggunakan Microsoft Excel memakan cukup banyak waktu, karena dalam memasukkan data tidak otomatis atau tidak saling terkait. Jadi dalam memasukkan data harus dilakukan satu persatu dari data manual ke aplikasi Microsoft Excel. Dalam memasukkan data karyawan baru harus memasukkan data dari manual ke Microsoft Excel dan tidak otomatis dari hasil seleksi masuk kedalam data karyawan baru, karena tidak adanya saling keterkaitan. Dalam pencarian data pun lebih memakan cukup banyak waktu karena tidak dapat mencari berdasarkan karakter yang dibutuhkan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan sistem informasi yang  dapat lebih memudahkan karyawan personalia dalam memasukkan data maupun mencari data rekrutmen karyawan supaya lebih cepat, lebih menghemat waktu dan pembuatan laporan lebih tepat waktu.


Dalam penyusunan penelitian ini, ada beberapa metode yang digunakan diantaranya yaitu berdasarkan jenis data kualitatif dan kuantitatif, berdasarkan  sumber  data primer  dan sekunder. Sedangkan  berdasarkan teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.


Hasil  dari  Penelitian   ini  adalah  membuat pengelolaan data rekrutmen karyawan pada PT Anugrah Karya Trisakti menggunakan Microsoft Access. Dengan aplikasi ini, diharapkan dapat mempermudah pemasukan data dan pencarian data   rekrutmen karyawan, serta penyajian data kepada Kepala Personalia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 28, 2023
How to Cite
SUNDARI, Retno; SULISTIOWATI, Sulistiowati. PENGELOLAAN DATA REKRUTMEN KARYAWAN PADA PT ANUGRAH KARYA TRISAKTI BERBASIS MICROSOFT ACCESS. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 78-85, aug. 2023. ISSN 2579-3322. Available at: <https://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/242>. Date accessed: 20 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.37601/jneti.v11i2.242.