Chatbot AI Platform Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa

  • Pratika Ayuningtyas
  • Hery Oktafiandi
Keywords: Chatbot, AI, Media Pembelajaran

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi Artificial Intelligence di dunia pendidikan dengan penggunaan AI sebagai media pembelajaran yang dapat diakses siswa tanpa batas waktu. Chatbots merupakan teknologi kecerdasan buatan yang dapat digunakan. Penggunaan chatbots sebagai media pembelajaran terbukti memberikan banyak dampak positif dalam pembelajaran. Perancangan chatbot dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa agar dapat menyadari manfaat  penggunaan chatbots sebagai  media pembelajaran dalam peningkatan kemampuan belajar siswa. Dalam perancangan dan pengembangan chatbot, digunakan template smojo.ai yang dilengkapi dengan media gambar, audio,  video dan link website. Dengan kelengkapan media pendukung tersebut, siswa dapat belajar mandiri dengan media yang menarik dan inovatif.  Chatbot AI juga dapat proses belajar interaktif yang dapat membuat suasana belajar lebih menyenangkan sehingga siswa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman belajar baru dengan chatbot AI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbasi, S., Kazi, H., & Hussaini, N. N. (2019). Effect of chatbot systems on student’s learning outcomes. Sylwan, 163(10), 49–63.
Haristiani, N., & Rifai, M. M. (2021). Chatbot-based application development and implementation as an autonomous language learning medium. Indonesian Journal of Science and Technology, 6(3), 561–576. https://doi.org/10.17509/ijost.v6i3.39150
Hiremath, G., Aishwarya, H., Priyanka, B., & Nanaware, R. (2020). Chatbot for education system. International Journal of Advance Research, Ideas and Innovations in Technology, 4(3), 37–43.
Nghi, T. T., Phuc, T. H., & Thang, N. T. (2019). Applying ai chatbot for teaching a foreign language: An empirical research. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 897–902.
Oktafiandi, H. (2023). Implementasi LDA untuk Pengelompokan Topik Twitter Bertagar# Mypertamina. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 11(1), 10–16.
Sook Kyung, J. (2019). Introduction to Popular Mobile Chatbot Platforms for English Learning: Trends and Issues. STEM Journal, 20(2), 67–90. https://doi.org/10.16875/stem.2019.20.2.67
Tue, H. N., Han, D. N., & Duch-Hanh, L. (2023). Exploring Chatbot AI in imprving vcational students’ English pronounciation. AsiaCALL Online Jurnal, 14(2), 140–155.
Winarnie, W., Kusrini, K., & Hartanto, A. D. (2023). Pengurangan Dimensi dengan Metode Linear Discriminant Analist ( LDA ). Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(2), 228–237.
Yin, J., Goh, T. T., Yang, B., & Xiaobin, Y. (2021). Conversation Technology With Micro-Learning: The Impact of Chatbot-Based Learning on Students’ Learning Motivation and Performance. Journal of Educational Computing Research, 59(1), 154–177. https://doi.org/10.1177/0735633120952067
Published
2024-02-09