Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Canva sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah “Business Communication” pada Mahasiswa Bisnis Digital Politeknik Sawunggalih Aji

  • Desi Innanti Wicaya Ningrum Politeknik Sawunggalih Aji

Abstract

Abstrak


Majunya teknologi pada saat ini sangat memiliki pengaruh besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Banyaknya platform untuk menyediakan media pembelajaran yang menarik semakin banyak dikembangkan. Tidak dapat dipungkiri dalam proses belajar mengajar, seorang pendidik harus memiliki media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik dalam proses belajar menagajar. Tidak hanya menarik minat belajar saja, namun media pembelajaran juga harus mampu membuat peserta didik memahami materi yang diajarkan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media pembelajaran Canva untuk menangani masalah yang terajadi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Canva penulis pilih sebagai media pembelajaran dikarenakan memiliki fitur-fitur berupa presentasi, audio, audio dan visual dan masih banyak fitur lainnya lagi. Penelitian ini menggunakan metode diskriptive quantitative dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam hal sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Canva. Subjek penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester dua program study D IV Bisnis Digital. Questionnaire digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulakn data persepddi mahasiswa. Questionnaire terdiri dari 5 pernyataan persepsi mahasiswa sebelum menggunakan Canva dan 6 pernyataan setelah menggunakan Canva. Hasil yang diperoleh adalah mahasiswa memiliki persepsi sangat buruk terhadap pembelajaran sebelum menggunakan Canva. Sementara itu persepsi sangat baik saat menggunakan media pebelajaran Canva.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 11, 2024
How to Cite
WICAYA NINGRUM, Desi Innanti. Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Canva sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah “Business Communication” pada Mahasiswa Bisnis Digital Politeknik Sawunggalih Aji. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 27-34, aug. 2024. ISSN 2579-3322. Available at: <https://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/288>. Date accessed: 09 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.37601/jneti.v12i2.288.