PENGEMBANGAN E-LKPD SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

  • Budi Widiyaningsih Politeknik Sawunggalih Aji
Keywords: e-LKPD, flip pdf profesional, kemampuan belajar

Abstract

Teknologi yang semakin maju dan berkembang mengakibatkan perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat. Peserta didik telah terbiasa menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bantuan internet untuk belajar dan memperoleh informasi. Berkembang pesatnya teknologi pada dunia pendidikan berpengaruh pada pengembangan bahan ajar, maka dikembangkan bahan ajarberbasis digital untuk mendukung kegiatan belajar peserta didik. Bahan ajar digital yangdikembangkan memanfaatkan mediaflip pdf profesionaluntuk mengembangkan multimedia pembelajaran berupa e-LKPD. E-LKPD dilengkapi dengan media gambar, animasi buku yang dapatbergerak, audio, video dan linkwebsite untuk melengkapi e-LKPD. Dengan tampilan e-LKPD yangmenarik diharapkan peserta dapat termotivasi untuk giat belajar, mandiri, dan termotivasi untuk berfikir secara kritis. Terbiasanya peserta didik dengan perkembangan teknologi berupa internet dapat lebih memotivasi peserta didik untuk belajar teknologi sekaligus belajar mata pelajaran melalui kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, Dalam hal ini peserta didik dapat mengakses e-LKPD melalui Whatsshap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyah, I. M. N., &Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/718Liesa-Orús, M., Latorre-Cosculluela, C., Vázquez-Toledo, S., & Sierra-Sánchez, V. (2020). The technological challenge facing higher education professors: Perceptions of ICT tools for developing 21st Century skills. Sustainability (Switzerland), 12(13). https://doi.org/10.3390/su12135339.Solikin, I., & Amalia, R. (2019). Materi digital berbasis web mobile menggunakan Model 4D. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi. http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id/index.php/stmsi/article/view/461Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. Matematika. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n1_14Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Inovativ Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Keywo. 2(7), 1256–1268Thiagarajan, S dkk.,(1974). Instructional Development for Training Teachersof Exceptional Children A Sourcebook. Indiana : Indiana University.
Oktafiandi, H. (2023). Implementasi LDA untuk Pengelompokan Topik Twitter Bertagar #Mypertamina. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 11(1), 10-16. doi:10.37601/jneti.v11i1.222
Sook Kyung, J. (2019). Introduction to Popular Mobile Chatbot Platforms for English Learning: Trends and Issues. STEM Journal, 20(2), 67–90. https://doi.org/10.16875/stem.2019.20.2.67
Tue, H. N., Han, D. N., & Duch-Hanh, L. (2023). Exploring Chatbot AI in imprving vcational students’ English pronounciation. AsiaCALL Online Jurnal, 14(2), 140–155.
Winarnie, W., Kusrini, K., & Hartanto, A. D. (2023). Pengurangan Dimensi dengan Metode Linear Discriminant Analist ( LDA ). Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(2), 228–237.Yin, J., Goh, T. T., Yang, B., & Xiaobin, Y. (2021). Conversation Technology With Micro-Learning: The Impact of Chatbot-Based Learning on Students’ Learning Motivation and Performance. Journal of Educational Computing Research, 59(1), 154–177. https://doi.org/10.1177/0735633120952067
Published
2024-08-21