Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Pada SMP Negeri 40 Purworejo

  • Khodijah Nurjannah
  • Agus Dwi Atmoko

Abstract

Dalam melakukan kegiatannya, SMP Negeri 40 Purworejo tidak terlepas dari pendapatan dan biaya. Pendapatan dan biaya merupakan dua variabel yang saling berhubungan  dalam  menjalankan  kegiatan  perusahaan.  Dimana  pendapatan merupakan  suatu hasil yang diperoleh dari kegiatan  perusahaan,  sedangkan biaya merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk itu menghasilkan pendapatan suatu perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Sementara sumber data yang digunakan yakni data primer dengan melakukan wawancara kepada bendahara sekolah dan pihak yang berkepentingan.


SMP Negeri 40 Purworejo merupakan instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan. Dalam pencatatan pendapatannya masih dengan manual, belum memiliki  database.  Dalam  penelitian  ini  akan  dibuat  sebuah  database  mengenai sistem informasi akuntansi pendapatan yang dapat mempermudah dalam proses pengolahan pendapatan yang menggunakan program aplikasi Microsoft Access 2007. Dimana dalam memperoleh pendapatan tersebut dapat terbagi menjadi tiga jenis pendapatan yaitu, iuran study tour, iuran uang gedung dan iuran pengayaan untuk kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Microsoft Access 2007, sistem ini mampu  memberikan  kemudahan  dalam  menginput  data  mengenai  pendapatan sekolah. Selain itu juga dapat memberikan laporan  mengenai data siswa yang belum maupun yang sudah lunas dalam pembayaran.


Kesimpulan  dari  hasil penelitian  ini  bahwa dengan  adanya database  akan lebih mempermudah dalam pencarian data mengenai pendapatan dan dapat membuat laporan sehingga mudah dibaca oleh pihak yang berkepentingan.


 


 


Kata kunci: Sistem informasi akuntansi, pendapatan, Microsoft Access 2007.

Published
Mar 16, 2017
How to Cite
NURJANNAH, Khodijah; ATMOKO, Agus Dwi. Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Pada SMP Negeri 40 Purworejo. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 52-74, mar. 2017. ISSN 2579-3322. Available at: <https://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/53>. Date accessed: 19 june 2021.

Most read articles by the same author(s)