PENGARUH SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, PERSEPSI PENGGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DENGAN MINAT PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Supriono Supriono

Abstract

Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi sistem informasi akuntansi di UKM Kebumen, menggunakan Theory of Reasoned Action (TRA), dan Technology Acceptance Model (TAM). Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 responden, yang terdiri dari 16 responden dari kelompok usaha kecil dan 34 responden dari kelompok usaha menengah. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, sedangkan variabel mediasi digunakan metode langkah analisis kausal.


Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1). sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan bunga / niat sistem informasi akuntansi. 2). subjektif norma berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi. 3). dirasakan berpengaruh positif dan signifikan kegunaan pada kepentingan penggunaan sistem informasi akuntansi. 4). Persepsi kemudahan penggunaan prceived berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi. Mediasi variabel (niat dalam penggunaan AIS sebagian memediasi pengaruh persepsi kemudahan penggunaan untuk penggunaan AIS. Sementara sikap variabel, persepsi manfaat menengahi sempurna niat dalam penggunaan perilaku penggunaan AIS. Minat Variabel penggunaan AIS tidak memediasi pengaruh norma subjektif variabel terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi.


 


Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, TRA dan TAM

Published
Mar 17, 2017
How to Cite
SUPRIONO, Supriono. PENGARUH SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, PERSEPSI PENGGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DENGAN MINAT PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 54-68, mar. 2017. ISSN 2579-3322. Available at: <https://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/58>. Date accessed: 19 may 2021.

Most read articles by the same author(s)